Friday, February 3, 2012

Outlook Web Access (OWA) client dengan DavMail di Mint 9

Bagi sebagian pengguna Windows yang ingin bermigrasi ke Linux, memiliki kesulitan dalam hal migrasi aplikasi mail client, dari MS Outlook menjadi Thunderbird atau Evolution. Memang bukan suatu masalah yang mudah, tetapi tenang saja karena ada jalan keluarnya.
Sampai dengan penulisan artikel ini, saya belum menemukan plugin / tools untuk Thunderbird atau Evolution untuk dapat berkomunikasi dengan Outlook Web Access (OWA). Sampai ditemukannya aplikasi bernama DavMail yang akan bertanggung jawab sebagai OWA gateway. Dengan kata lain, Thunderbird atau Evolution akan menggunakan DavMail untuk mengambil seluruh email dari OWA, dan akan ditranslasikan menggunakan POP3.

Berikut ini langkah-langkah yang dibutuhkan untuk instalasi DavMail ke dalam komputer kesayangan Anda:
  1. Unduh aplikasi DavMail pada link ini, pilih untuk paket Debian.
  2. Setelah berhasil diunduh, lakukan instalasi dengan menjalankan file yang sudah Anda unduh (.deb).
  3. Setelah instalasi berhasil, Anda akan menemukan menu DavMail di Start Menu -> Internet.
  4. Jalankan aplikasi DavMail, dan akan muncul icon pada Taskbar.
  5. Untuk mengubah konfigurasi, klik kanan pada icon DavMail tersebut (bisa mengikuti contoh pada screenshot di atas)
Langkah berikutnya adalah konfigurasi pada Thunderbird atau Evolution. Lakukan konfigurasi SMTP dan POP3 server pada Thunderbird dan Evolution sesuai dengan konfigurasi pada DavMail.
Penggunaan DavMail memang tidak semulus jika kita menggunakan MS Outlook, berdasarkan pengalaman berikut saya paparkan beberapa tips yang bisa menjadi panduan Anda dalam menggunakan DavMail:
  • Jangan menghapus email secara otomatis pada konfigurasi Thunderbird atau Evolution, karena hal ini akan mengakibatkan email belum masuk inbox, tetapi sudah terhapus di mail server. Hal ini bisa diakibatkan oleh koneksi Internet yang lambat.
  • Dengan demikian, lakukan penghapusan email dengan cara manual melalui Outlook Web Access (OWA).
Jika langkah-langkah di atas berhasil Anda lakukan, sekarang Anda sudah berhasil bermigrasi dari MS Outlook ke Thunderbird atau Evolution. Selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons