Monday, October 10, 2011

Belajar Bahasa Java

















Menurut sejarahnya bahasa pemrograman Java dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1991 dengan nama Oak. Nama ini terinspirasi dari sebuah pohon yang bernama "Oak" oleh James Gosling. Bahasa ini dikembangkan mirip dengan bahasa C++, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer.
Beberapa alasan mengapa kita harus belajar bahasa Java, yaitu :
1. Sudah Bersifat OOP (Object Oriented Programming) secara penuh, artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Ciri dari pemrograman berorientasi objek adalah :
a. Enkapsulasi atau pengkapsulan
Artinya kita tidak perlu mengetahui apa yang ada dalam objek itu (class), yang kita butuhkan adalah apa kegunaannya, bagaimana cara memakainya dan apa yang akan terjadi. Misalkan kita punya motor. Bagaimana cara menghidupakan Motor ? jaawabannya adalah masukan kunci tekan tombol starter dan gas atau mungkin dengan diengkol, lalu motor menyala dan seterusnya.
Inheritance atau pewarisan yang merupakan suatu proses dimana suatu class diturunkan dari class lainnya sehingga ia mendapatkkan ciri atau sifat dari class tersebut. intinya adalah mengembangkan class yang sudah ada. Jadi kita tidak perlu untuk membentuk dari awal lagi, class yang sudah ada bisa dimodifikasi atau ditambah fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Ada yang bisa ditambah ada yang dimodifikasi. Contoh untuk yang ditambahkan : dahulu mobil remote control tanpa kabel hanya ada satu tombol, jika dipencet mobilnya akan maju jika tidak maka mobil akan berputar terus menerus. Namun sekarang sudah bisa bergerak sesuai dengan keinginan kita. Contoh untuk yang dimodifikasi : kendaran mobil yang ada saat ini, dahulu perseneling mobil hanya manual namun sekarang sudah ada yang otomatis.
Jadi, dengan inheritance semua perubahan itu tidak perlu dirubah bulat-bulat objeknya, tetapi hanya menambah dan memodifikasi dengan mempertahankan objek (class) awalnya.
c. Polymorphism (Banyak Bentuk)
Maksudnya kemampuan objek berubah menjadi objek yang lain dalam banyak bentuk. Contohnya tombol play. Setiap barang elektronik yang mempunyai tombol play pasti mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk menjalankan. Padahal tombol play pada setiap barang elektronik tersebut berbeda cara kerjanya misalnya antara play pada VCD dan radio.
Polymorphism terbagi menjadi 2, yaitu :
1. Overloading : penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda.
2. Overriding : terjadi ketika deklarasi method subclass dengan nama dan parameter yang sama dengan method dari superclassnya.
d. Dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut. Jadi untuk menyelesaikan suatu masalah dengan kolaborasi antar objek-objek yang ada karena setiap objek memiliki deskripsi tugasnya sendiri
2. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer.
Platform Java terbagi kedalam 3 kategori, diantaranya :
1. Java Standard Edition (Java SE) yang kita pelajari saat ini untuk desktop, client/server apllication.
2. Java Enterprise Edition (Java EE) untuk e-business, e-commerce web based application.
3. Java Micro Edition (Java ME) untuk small devices, like palm, handphone, dll
1. Jika kita belum mempunyai software ini silahkan download Java Standard Edition dari : http://java.sun.com/javase/downloads/
2. Kemudian install Java Standard Edition dengan mengklik : jdk-6u6-windows-i586-p.exe
3. klik Start à Control Panel à System à Advanced à Environment Variables dan set PATH : ;c:\Program Files\Java\jdk1.6.0_06\bin
4. Untuk pengetikan Source Code program bisa dengan menggunakan textpad, notepad++, JCreator
Membuat Program Sederhana dengan Java
1. Silahkan anda aktifkan notepad anda caranya klik Start à All Programs à Accessories à Notepad
2. Silahkan ketik perintah yang ada pada gambar 1 dibawah ini kemudian simpan dengan nama
    haloo.java
Gambar 1
3. Untuk menjalankan dan melihat hasilnya ikuti perintah yang ada pada gambar 2 dibawah ini
Gambar 2

Penjelasan Program :
Class hallo{
1. Kita membuat sebuah class dengan nama hallo kemudian diikuti dengan tanda { dan diakhiri dengan tanda } (baris kelima). Artinya semua yang berada didalam tanda { dan } merupakan bagian dari class hallo.
public static void main(String[] args) {
2. Perintah ini mendeklarasikan suatu method dengan nama main. Nama ini merupakan keharusan dalam java karena java akan mencari method yang bernama main sebagai awal eksekusi program. Public berarti method ini dapat diakses darimanapun dari luar class. Method main() akan dipanggil dari luar runtime java pada saat program akan dieksekusi sehingga access specifer nya harus menggunakan public. Keyword static memungkinkan method main() dipanggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class hallo. Ini diperlukan karena method main() akan dieksekusi sebelum objek apapun dibuat dalam memori. Keyword void berarti bahwa method main() mengembalikkan nilai apapun setelah dipanggil / dieksekusi.
System.out.println(“Hello, Saya senang belajar Java”);
  1. Instruksi ini memiliki makna, sebagai berikut :
a. System adalah nama dari salah satu class standar yang dimiiki oleh Java.
b. Out merupakan anggota dari class System dan juga merupakan objek tersendiri. Out mewakili standard output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer. Objek out juga dideklarasikan dengan menggunakan keyword static didalam classnya sehingga ia dapat langsung dipanggil tanpa perlu terlebih dahulu membuat instance dari class system.
c. Println merupakan method yang terdapat dalam objek out, berfungsi untuk mencetak keluaran ke standard output.
4. „Hello, Saya senang belajar Java“ merupakan parameter dari method println yang diterima oleh internal method dan dicetak ke standard output yaitu layar monitor.
5. tanda ; artinya untuk menandai akhir dari suatu pernyataan atau perintah.
6. Simpanlah file ini dengan nama hallo.java. àPada Java untuk memberikan nama file harus sama dengan nama classnya kemudian beri ekstension .java
Tahap Kompilasi program
Ketiklah perintah ini di c prompt (lihat gambar 2) diatas
C:\ script java> javac hallo.java
Jika sukse, hasil kompilasi ini akan membangkitkan sebuah bytecode dengan nama file hallo.class. Untuk mengeksekusi file ini maka bisa menggunakan perintah :
C:\script java>java hallo
Hasil dari eksekusi ini akan menampilkan
Hello, Saya senang belajar Java

Kesimpulan :
1. Nama File harus sama dengan nama class-nya misal hallo.java
2. Source Code dapat di tulis dengan menggunakan Notepad (bawaan dari windows komponen) tidak perlu install yang lain.
3. Untuk menjalankan hasilnya maka file perlu dikompilasi terlebih dahulu sintaknya : Javac namafile.java (Jika tidak ada 
    error) lanjutkan dengan perintah sintak : java namafile maka hasil akan ditampilkan.
4. Setiap file yang terbentuk minimal harus ada satu class yang terbentuk, misalnya class hallo dalam program ini.
5. Method void berarti akan mengembalikkan nilai apapun setelah dipanggil / dieksekusi.
6. Method adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang „Belajar Bahasa Java“.

Read more: http://fernandosiahaan.webnode.com/news/belajar-bahasa-java/
http://java.lyracc.com/belajar/java-untuk-pemula/java-untuk-pemula


Java merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer, dapat digunakan untuk menangani apa saja. Termasuk untuk membuat aplikasi WEB.

1 komentar:

fikiwan said...

Berarti java tu Free ya mas seprti PHP

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons