Friday, October 7, 2011

Apa itu NET Framework

Microsoft .Net Framework merupakan suatu lingkungan kerja untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi berbagai macam bahasa pemrograman dan kumpulan pustaka-pustaka (library) agar dapat bekerja sama dalam menjalankankan aplikasi berbasis Windows.

Selama ini, komputer hanya dapat mengerti satu bahasa saja, yaitu bahasa mesin (assembly), namun ketika Anda mendevelop suatu aplikasi dengan bahasa .Net, kemudian dijalankan… maka komputer tidak akan memahami bahasa mesin tersebut sehingga komputer akan menampilkan pesan kesalahan (error message), hal ini disebabkan karena aplikasi yang dibangun dengan bahasa .Net ini membutuhkan suatu komponen yang berguna sebagai “penerjemah“.  Hasil dari kompiler .Net sendiri bukanlah bahasa mesin pada umumnya (yang dapat dimengerti komputer). Bahasa mesin yang dihasilkan oleh kompiler .Net dinamakan “Intermediate Language (IL)“. IL merupakan mesin virtual yang dikembangkan oleh Microsoft, sehingga mesin virtual inilah yang hanya dapat memahami aplikasi yang dibuat dengan bahasa .Net, dan .Net Framework sendiri yang bertugas sebagai penerjemah perintah-perintah dalam IL menjadi bahasa mesin pada umumnya.


.Net Framework mempunyai dua komponen utama yaitu Common Language Runtime(CLR) dan .Net Framework Class Library.
Aplikasi-aplikasi yang dijalankan untuk .Net Framework dapat dijalankan pada suatu perangkat lunak yang mengatur persyaratan-persyaratan runtime program. Runtime environment inilah yang dikenal sebagai CLR. CLR sendiri berperan dalam mengatur kode pada saat di eksekusi, selain itu juga CLR menyediakan fasilitas seperti manajemen memori, thread, keamanan aplikasi, dan penanganan kesalahan pada saat di eksekusi (exception handle). Kode yang menggunakan runtime dikenal dengan managed code, sedangkan kode yang tidak menggunakan runtime dikenal dengan unmanaged code.
managed code artinya program yang dibangun dengan menggunakan .Net Framework, hal ini dikarenakan .Net Framework sendiri melakukan pemeriksaan dan penanganan dalam banyak hal sebelum suatu aplikasi dijalankan, seperti masalah keamanan, dan lain sebagainya.
.Net Framework Class Library
Class library merupakan kumpulan class-class berorientasi objek yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi, baik itu dalam modus konsol ataupun dalam modus grafik (GUI),

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons